Sabtu, 26 Oktober 2013

pidato

Jangan ragu jadi penulis

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan Karunia-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini.

Salawat dan slam tak lupa kita haturkan kepada junjungan nabi besar kita Muhammad SAW yang telah mengantarkan kita dari alam yang gelap gulita ke alam yang terang benderang seperti sekarang ini.

Yang terhormat, Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai dan banggakan. Terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk berpidato pada pagi hari ini. Tema yang akan saya bawakan adalah “Jangan Ragu Jadi Penulis!!”.

Di era yang modern ini, menulis menjadi hal yang sering disepelekan oleh kalangan kaum pemuda. Apalagi kalang anak-anak yang orang tua didiknya tidak prnah mengajarkan pentingnya pelajaran menulis. Pelajaran menulis bagi anak usia dini sangatlah penting. Karena dengan begitu anak akan terlatih untuk menuangkan ide-idenya kedalam tulisan. Sehingga setelah dewasa mereka sudah bisa menulis dengan baik dan benar.

Namun sebelum menulis, kita harus tau dulu apa sih menulis itu? Menulis merupakan suatu proses kreatifitas menuangkan gagasan ataupun ide yang ada didalam pikiran kedalam bentuk tulisan dengan tujuan tertentu. Menulis tidak jauh berbeda dengan mengarang. Baik menulis maupun mengarang, keduanya sama-sama mengungkapkan gagasan atau ide dalam bentuk tulisan dimana tulisan tersebut mempunyai tujuan tertentu.

Terus, apa manfaat dari menulis? Banyak sekali manfaat yang kita peroleh saat menulis. Namun, kebanyakan orang tidak menyadari itu. Manfaat yang diperoleh dari menulis antara lain :
-        Menulis membuat otak cerdas. Tanpa disadari, saat menulis kita mengasah otak agar bisa berfikir terus untuk menentukan kata-kata yang tepat. Sehingga otak akan selalu bekerja mencari ide-ide baru untuk kita tuangkan dalam tulisan.
-        Menulis dapat menghilangkan stres. Ketika kita sedang tertekan/ada masalah, kita butuh seseorang untuk berbagi cerita tentang apa yang sedang kita alami. Jika tidak ada yang bisa mendengarkan cerita kita, kita bisa menuangkan perasaan kita kedalam sebuah tulisan. Dengan begitu, semua beban yang ada terasa ringan. Sehingga kesehatan fisik dan mental kita akan lebih terjaga setelah menulis.
-        Menulis sebagai media penyimpanan. Dengan menulis kita bisa menyimpan kenangan-kenangan ataupun cerita yang pernah kita alami. Dengan daya ingat manusia yang semakin tua semakin menurun, suatu saat kita akan menemukan dan mengingat kembali apa yang telah kita tulis serta kita dapat memikirkan tulisan yang kita tulis dengan senyum-senyum sendiri atau dengan perasaan sedih diiringi air mata.
-        Menulis bisa menghasilkan uang. Kita akan mudah mendapatkan pundi-pundi rupiah baik itu dengan menulis karangan semacam novel, cerpen, dll. Atau kita bisa menggunakan hasil tulisan-tulisan kita dengan menulis pada blog. Dengan begitu orang akan banyak melihat tulisan kita. Jika menarik, tulisan kits bisa diterbitkan. Sehingga kita bisa mendapatkan sedikit tambahan.

Manfaat   lainnya seperti, kita bisa berbagi ilmu dengan orang lain, kita bisa menjadi terkenal, kita juga bisa dicatat oleh sejarah dan masih banyak lagi. Intinya, menulis tidak merugikan kita. Malah sebaliknya, menulis memberikan banyak keuntungan baik itu secara materi maupun non materi. So jangan sepelekan  menulis. And don’t hesistant to be a writer.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi motivasi serta dapat menginspirasi teman-teman untuk trus berkarya dengasn menulis. Saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Jika ada kata-kata yang salah mohon dimaafkan.

Wabillahitaufikwalhidayah

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

1 komentar: